Kamis, 29 Januari 2015

manfaat daun sirih merah untuk gatal

manfaat daun sirih merah untuk gatal Kini hadir tidak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga herbal tradisional orang merah sirih dengan diabetes (diabetes mellitus - DM).

Penggunaan Di Indonesia, telah membuat sifat herbal sirih merah turun-temurun. Secara empiris, selain diabetes, herbal sirih merah sering digunakan sebagai alternatif wasir pengobatan, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (tekanan darah tinggi), hepatitis, kelelahan dan sakit maag.
Senyawa fitokimia yang terkandung dalam teh, sirih merah alkoloid yaitu, saponin, tanin, dan flavonoid.

Menurut Ivorra, MD dalam buku "A Review of Natural Products dan Tanaman sebagai Potensi antidiabetes," alkaloid senyawa aktif sirih dan flavonoid teh teh merah memiliki aktivitas hipoglikemik atau menurunkan kadar glukosa darah. Hara (1993) menyatakan senyawa tanin sirih herbal dan saponin dapat digunakan sebagai antimikroba (bakteri dan virus).
Ciri khas tanaman tropis ini yang dapat digunakan sebagai teh sirih, berbatang bulat hijau keunguan dan berbunga. Produksi daun teh merah bertangkai membentuk jantung dan meruncing atas. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata. Sebagai sirih hijau, tanaman teh juga tumbuh sirih merah di pagar atau pohon. Daun rasa getar pahit, tapi baunya lebih harum daripada sirih hijau. Ketika robek, daun sirih merah akan berlendir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar